Rencana Pembelajaran IPS kelas VII SMP dalam Kurikulum Merdeka yang membahas tentang hubungan sosial dan dinamika kehidupan masyarakat

MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

TEMA: INTERAKSI SOSIAL DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT

KELAS: VII (SMP)

TUJUAN PEMBELAJARAN


1. Memahami konsep interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.

3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial di masyarakat.

4. Menganalisis dampak interaksi sosial terhadap kehidupan masyarakat.


MATERI PELAJARAN

1. Konsep Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial.

Ciri-ciri interaksi sosial.

Syarat terjadinya interaksi sosial.

2. Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Faktor individu (kepribadian, motivasi, persepsi).

Faktor sosial (norma, budaya, nilai-nilai masyarakat).

Faktor lingkungan (teknologi, media sosial, kondisi geografis).

3. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Interaksi Asosiatif (Membangun):

Kerja sama

Akomodasi

Asimilasi

Akulturasi

Interaksi Disosiatif (Menghambat):

Persaingan

Kontravensi

Konflik

4. Dampak Interaksi Sosial dalam Masyarakat

Dampak positif: meningkatkan solidaritas, memperkaya budaya.

Dampak negatif: konflik sosial, ketimpangan sosial.


KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1. Guru memulai pembelajaran dengan memberikan pertanyaan pemantik seperti:

Apa yang terjadi jika dalam masyarakat tidak ada interaksi sosial?

Bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari?

2. Siswa diminta untuk menceritakan pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan teman, keluarga, atau masyarakat.


Kegiatan Inti

1. Diskusi Kelompok:

Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan diminta untuk menganalisis berbagai bentuk interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

2. Studi Kasus:

Guru memberikan beberapa contoh interaksi sosial yang terjadi di masyarakat (misalnya, penggunaan media sosial, konflik antar warga, kerja bakti).

Siswa diminta menganalisis penyebab dan dampaknya.

3. Proyek Mini:

Siswa membuat laporan atau video pendek tentang interaksi sosial yang mereka amati di lingkungan sekitar.


Penutup


1. Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.

2. Guru memberikan refleksi tentang pentingnya interaksi sosial dalam membangun kehidupan bermasyarakat.


ASESMEN (PENILAIAN)


Penilaian Sikap: Observasi keterlibatan siswa dalam diskusi dan kerja kelompok.

Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis tentang konsep interaksi sosial dan bentuk-bentuknya.

Penilaian Keterampilan: Proyek mini dan presentasi kelompok.

Post a Comment for "Rencana Pembelajaran IPS kelas VII SMP dalam Kurikulum Merdeka yang membahas tentang hubungan sosial dan dinamika kehidupan masyarakat"